Page 241 - BRIDS IAR 2023_hires
P. 241
Dampak yang Ditimbulkan dari Produk dan/atau Jasa Perusahaan
Impacts Arise from the Company Products and/or Services
[OJK F.28]
Sebelum meluncurkan suatu produk dan/atau jasa Prior to launching any financial product or service,
keuangan, BRIDS selalu mempertimbangkan dampak dan BRIDS consistently evaluates its impacts and risks. When
risikonya. Dalam pembuatan produk atau jasa keuangan, creating a financial product or service, the expectation is
diharapkan memiliki mitigasi risiko dan dampak negatif to minimize risks and negative impacts while maximizing
yang minimum, namun memberikan dampak positif positive outcomes.
maksimum.
BRIDS telah melakukan penilaian komprehensif dan BRIDS has conducted a comprehensive assessment
evaluasi terhadap semua produk dan layanan yang and evaluation of all products and services offered to
ditawarkan kepada nasabah. BRIDS telah menyediakan customers. Additionally, complete and clear information,
informasi yang lengkap dan jelas, termasuk setiap risiko including any investment risks that customers may
investasi yang mungkin dihadapi oleh nasabah. Tindakan encountered, was provided by BRIDS. This action serves as
ini merupakan dukungan Perusahaan terhadap program the Company's support to the Government's program in
Pemerintah dalam meningkatkan kualitas edukasi dan improving the quality of financial education and literacy
literasi keuangan bagi nasabah dan masyarakat umum, for customers and the general public, as well as expanding
serta memperluas inklusi keuangan di Indonesia. financial inclusion in Indonesia.
BRIDS meyakini bahwa inklusi keuangan ini akan BRIDS believes that financial inclusion has multiple
membawa berbagai manfaat, seperti peningkatan benefits, which include improving economic efficiency,
efisiensi ekonomi, stabilnya sistem keuangan, dan stabilizing the financial system, and reducing social
pengurangan kesenjangan sosial di masyarakat. Selain itu, disparities within society. Moreover, BRIDS has established
untuk mengatasi dampak negatif yang mungkin timbul, an integrated risk management framework and system to
BRIDS telah menyiapkan kerangka kerja dan sistem address potential negative impacts, along with technical
manajemen risiko yang terintegrasi, serta pedoman teknis management guidelines for each product.
pengelolaan untuk setiap produk.
Perangkat kebijakan ini bertujuan untuk meminimalkan These policies are designed to minimize and assess the
dan mengevaluasi risiko-risiko yang terkait dengan risks associated with every product provided to customers.
setiap produk yang ditawarkan kepada nasabah. Through these measures, BRIDS is committed to providing
Dengan langkah-langkah ini, BRIDS berkomitmen untuk high-quality and safe services to all customers.
memberikan layanan yang berkualitas dan aman bagi
seluruh nasabah.
Survei Kepuasan Pelanggan
Customer Satisfaction Survey
[OJK F.30]
Survei kepuasan pelanggan adalah survei yang dilakukan A customer satisfaction survey evaluates the level of
untuk mengukur tingkat kepuasan nasabah terhadap satisfaction that customers have experienced with the
layanan yang telah diberikan. Pada tahun 2023, BRIDS services they have received. In 2023, BRIDS conducted a
melakukan survei kepuasan pada tanggal 1 - 10 Desember satisfaction survey from December 1st – December 10th,
2023 dengan jumlah responden sebanyak 677 responden. with a total of 677 respondents. The aspects assessed were
Adapun aspek yang dinilai berdasarkan kepuasan dan based on customer satisfaction and experience in using
pengalaman pelanggan dalam menggunakan produk, the Company's products, programs, features, systems, and
program, fitur, sistem dan layanan Perusahaan. Hasil services. The results of this survey indicated that overall
dari survei ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan customers felt "Satisfied" with the products and/or services
pelanggan merasa “Puas” atas produk dan/atau layanan provided by BRIDS.
yang diberikan BRIDS.
PT BRI Danareksa Sekuritas 241 Integrated Annual Report 2023