Page 206 - BRIDS IAR 2023_hires
P. 206

Tata Kelola Perusahaan
                                             Corporate Governance






            7. Risiko Reputasi                                7. Reputation Risk
              Risiko Reputasi adalah Risiko yang disebabkan     Reputation  risk  is  a  Risk  arising  from  a  decline  in
              oleh menurunnya tingkat kepercayaan pemangku      stakeholders' trust due to customer complaints and/
              kepentingan yang bersumber dari pengaduan nasabah   or negative publicity about the Company. This risk is
              dan/atau pemberitaan negatif tentang Perusahaan.   mitigated through the management of all potential risk
              Risiko reputasi dijaga melalui pengelolaan seluruh risiko   factors affecting the Company's reputation, achieved
              yang berpotensi mempengaruhi reputasi Perusahaan   through good corporate governance and an effective
              melalui tata kelola perusahaan yang baik dan proses   reputation risk management process.
              manajemen risiko reputasi yang efektif.

            8. Risiko Hukum                                   8. Legal Risk
              Risiko Hukum adalah Risiko yang disebabkan oleh     Legal risk is a Risk arising from lawsuits, weaknesses in
              tuntutan hukum, kelemahan aspek yuridis dalam     juridical aspects of agreements made by the Company,
              perjanjian yang dibuat oleh Perusahaan, dan/atau   and/or activities and products not regulated by laws. To
              aktivitas dan produk yang belum diatur dalam      mitigate potential legal risks from lawsuits or juridical
              peraturan  perundang-undangan.  Untuk  memitigasi   weaknesses, the Company conducts legal analysis of
              risiko hukum yang mungkin timbul akibat tuntutan   its  products  and  activities  and  reviews  all  agreements
              hukum atau kelemahan aspek yuridis, yaitu melakukan   with third parties. Additionally, the Company offers legal
              analisa hukum yang terkait dengan produk dan aktivitas   advice to the Board of Directors and various work units
              Perusahaan dan memeriksa segala perjanjian yang   within the Company.
              akan dibuat  antara  Perusahaan  dengan pihak  ketiga.
              Perusahaan juga memberikan advis hukum kepada
              Direksi dan unit kerja di Perusahaan.

            Selain itu, Perusahaan memiliki tanggung jawab yang   Moreover, the Company holds a significant responsibility
            penting  dalam  melakukan  penilaian  risiko  terkait   in conducting risk assessments associated with the
            penerapan keuangan berkelanjutan yang mencakup    implementation  of  sustainable  finance,  encompassing
            aspek ekonomi, lingkungan hidup, dan sosial. Salah   economic, environmental, and social aspects. One of
            satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyusun   the efforts undertaken was to develop and implement
            dan menerapkan  framework atau kerangka kerja yang   a comprehensive  framework  for  assessing  these  risks.
            komprehensif dalam menilai risiko-risiko tersebut.   The  implementation  of  risk  management  adhered
            Pelaksanaan manajemen risiko dilakukan sesuai dengan   to the framework for integrated risk management
            kerangka penerapan manajemen  risiko terintegrasi   implementation, performed by a specialized risk
            yang dilakukan melalui departemen khusus manajemen   management department. This department has primary
            risiko yang memiliki fungsi utama dalam penerapan,   role to developing, implementing, and assessing an
            pengembangan, dan asesmen sistem manajemen        integrated risk management system under the supervision
            risiko secara terintegrasi yang berada di bawah Komite   of the Risk Management Committee. Through this
            Pengelolaan Risiko. Dengan kerangka ini informasi risiko   framework, the risk information is provided to the Board
            akan diserahkan kepada Direksi dan Komisaris untuk   of Directors and Board of Commissioners as the basis of
            menjadi dasar pengambilan keputusan. [OJK E.3]    decision-making. [OJK E.3]

            Secara periodik, Direksi dan Dewan Komisaris melakukan   Periodically,  the  Board  of  Directors  and  Board  of
            tinjauan menyeluruh terhadap proses manajemen risiko   Commissioners conducted a comprehensive review of
            Perusahaan. Hal ini meliputi evaluasi terhadap efektivitas   the Company's risk management process. This involved
            langkah-langkah yang telah diambil untuk mengurangi   assessing the effectiveness of measures implemented
            risiko-risiko   yang   diidentifikasi,   serta   penyesuaian   to  mitigate  identified  risks  and  making  adjustments  to
            kebijakan dan strategi jika diperlukan. Melalui keterlibatan   policies and strategies as required. With the management
            aktif manajemen dalam proses ini, Direksi dan Dewan   actively engaged in this process, the Board of Directors and
            Komisaris dapat memastikan bahwa Perusahaan dapat   Board of Commissioners can assure that the Company is
            mengelola  risiko  keuangan  berkelanjutan  dengan  more capable of managing sustainable financial risks and
            lebih baik dan memperkuat posisi perusahaan dalam   and enhance its resilience in tackling future challenges.
            menghadapi tantangan-tantangan di masa depan.     [GRI 2-12] [OJK E.3]
            [GRI 2-12] [OJK E.3]









                                       PT BRI Danareksa Sekuritas  206  Laporan Tahunan Terintegrasi 2023
   201   202   203   204   205   206   207   208   209   210   211