Page 122 - BRIDS IAR 2023_hires
P. 122
Analisis dan Pembahasan Manajemen
Management Discussion and Analysis
Tinjauan Operasi Per Segmen Usaha
Operating Review of Each Business Segment
Tinjauan operasi per segmen usaha Perusahaan The Company's operating review of each business segment
dijelaskan melalui identifikasi jenis-jenis usaha/produk is defined by identifying the types of business/products
yang dihasilkan oleh Perusahaan. Sesuai dengan PSAK it produces. Consistent with Statement of Financial
5 tentang Segmen Operasi, Perusahaan memiliki 3 Accounting Standard (SFAS) 5 concerning Operating
(tiga) jenis usaha yaitu Perantara Perdagangan Efek, Segments, the Company operates in three main business
Penjaminan Emisi Efek dan Jasa Penasihat Keuangan. areas: Securities Brokerage, Underwriter, and Financial
Advisory Services.
Jumlah Nasabah Per Segmen
Total Customers By Segment
BRIDS memiliki 2 (dua) kategori nasabah yaitu nasabah BRIDS categorizes its customers into two groups:
institusi dan nasabah. Untuk pelayanan nasabah segmen institutional customers and customers. Institutional
institusi dikelola oleh Divisi Equity Capital Market, Debt customers are overseen by the Equity Capital Market,
Capital Market, Investment Banking Capital Market, dan Debt Capital Market, Investment Banking Capital Market,
Investment Banking Advisory. Sedangkan untuk segmen and Investment Banking Advisory Divisions. Conversely,
retail pengelolaannya dilaksanakan oleh Divisi Retail the retail customers are managed by the Retail Capital
Capital Market. Market Division.
Jumlah nasabah pada tahun 2023 mencapai 237.077 In 2023, the number of customers reached 237,077,
nasabah, yaitu meningkat 37% atau sebanyak 63.907 marking a 37% increase or 63,907 customers compared to
nasabah dibandingkan dengan tahun 2022. Dari jumlah 2022. Among these, the number of institutional customers
tersebut, jumlah nasabah institusi pada tahun 2023 in 2023 stood at 1,943, reflecting a decrease of 24% or 615
mencapai 1.943 nasabah, yaitu lebih rendah 24% atau customers compared to 2022. Meanwhile, the number of
sebanyak 615 nasabah dibandingkan dengan tahun 2022. retail customers in 2023 totaled 235,134, indicating a 38%
Sementara itu, jumlah nasabah ritel pada tahun 2023 increase or 64,522 customers compared to the previous
mencapai 235.134 nasabah, yaitu meningkat 38% atau year.
sebanyak 64.522 nasabah dibandingkan jumlah nasabah
di tahun 2022.
Tabel Jumlah Nasabah Perusahaan (nasabah)
Table of Total Company Customers (customers)
Perubahan 2022-2023
Uraian 2022-2023 Changes
Description 2023 2022 2021 2020 Selisih
Difference %
Institusi Institutions 1.943 2.558 2.260 (615) (24) 32%
Ritel Retail 235.134 170.612 128.732 64.522 38 -27%
Jumlah Total 237.077 173.170 130.992 63.907 37 -27%
Kinerja Produk dan Jasa Per Segmen
Performance of Products and Services by Segment
Perusahaan menyediakan produk dan jasa untuk 3 (tiga) The Company offers products and services across three
segmen, yaitu perantara perdagangan, penjaminan emisi segments: brokerage, underwriter, and financial advisory,
dan penasihat keuangan yang didukung oleh tim yang each supported by highly competent teams dedicated to
memiliki kompentensi tinggi dalam setiap segmen bisnis. their respective segments.
PT BRI Danareksa Sekuritas 122 Laporan Tahunan Terintegrasi 2023